Minggu, 22 Februari 2009

DESA WISATA


i-tutor.net merupakan salah program I Love My Country Indonesia (ILMCI. COM) yang sukses mendapat rekomendasi WORLD BANK. Silakan klik link di bawah ini!

* Latar Belakang Kerjasama Pemda Kabupaten Bener Meriah dengan i-tutor

* Klik di sini untuk melihat rekomendasi World Bank

* Download Company profile i-tutor group untuk melihat keberhasilan i-tutor lainnya

Sampai saat ini i-tutor.net sendiri telah tersebar lebih dari 700 cabang di seluruh Indonesia, dari sejak i-tutor.net menjadi suatu sistem Lisensi pada tahun 2006.




Mari Bergabung Dengan

I
Love My Country

I
ndonesia
(ILMCI.com)

Untuk Mencerdaskan

Anak - Anak &

Cucu- Cucu Kita !



Free 1GB Webmail
Mau punya email pribadi dengan inbox 1GB + hadiah bulanan?


Email Sponsor: noersal@ilmci.com

diperlukan ketika Anda mengisi

formulir pendaftaran email ilmci.com

dan sewaktu mengisi formulir BURSA BISNIS ILMCI,

cantumkan Sponsor's ID Number Anda berikut:

0340 3440 9876 3426


Info rinci, silakan download marketing kits Anda melalui link berikut:

01. Brosur

02. Dokumen Kerjasama

03. Surat Perjanjian Kerjasama (MOU) BBI

04. Proposal-proposal






Blog Posting Lama :
SILAKAN KLIK Tata Cara



If you want to know more about the benefits of tourist business, just click this video.

Welcome To

The America's Costliest

$39 "The Fortune" $213,997 Valued Gallery Program

This holds true not only for you, this holds true for anyone. This is the reason why your contacts and anyone on internet will also purchase "The Fortune" gallery from you for $39.00 at the very first email you will send them - guaranteed.


Klik Ini Yang Saya Cari...!



Welcome to my blog!


You are my visitor No
.


Kerangka Pendataan Desa Yang Akan Dijadikan

Desa Wisata


Sajian Drs. Noersal Samad, MA


01. Letak Calon Desa Wisata


02. Luas wilayah Desa


03. Terbagi Atas


04. Jumlah Penduduk


a) Desa

b) Desa


05. Luas masing-masing


06. Lokasi


07. Keadaan Alam


08. Alam Flora


09. Alam Fauna


10. Letak Geografis dan Komunikasi


11. Pola Perkampungan


12. Penduduk berdasakan jenis kelamin


13. Jumlah penduduk berdasarkan pendidikan


a) Buta huruf ....................................... orang

b) Tidak sekolah ................................. orang

c) Tidak tamat SD................................ orang

d) Tamat SD ......................................... orang

e) Tamat SLTP .................................... orang

f) Tamat Akademi................................ orang

g) Tamat Perguruan Tinggi ............. orang

h) Tamat S2.......................................... orang

i) Tamat S3 .......................................... orang

j) Putus SLTP ..................................... orang

k) Putus SLTA .................................... orang

l) Putus Akademi ................................ orang

m) Putus Perguruan Tinggi.............. orang


14. Jumlah Penduduk Berdasarkan Umur


Dari umur 0 – 4 tahun ...................jiwa

5 – 9 tahun ...................................... jiwa

10 - 14 tahun ...................................jiwa

15 – 24 tahun ....................................jiwa

25 – 49 tahun....................................jiwa

50 tauhn ke atas ..............................jiwa


Penduduk laki-laki


Dari umur

0 – 4 tahun .....................................jiwa

5 – 9 tahun .....................................jiwa

10 - 14 tahun .................................jiwa

15 – 24 tahun ................................jiwa

25 – 49 tahun ................................ jiwa

50 tauhn ke atas ...........................jiwa


Penduduk perempuan


Dari umur 0 – 4 tahun ..................jiwa

5 – 9 tahun .......................................jiwa

10 - 14 tahun ....................................jiwa

15 – 24 tahun ....................................jiwa

25 – 49 tahun ...................................jiwa

50 tauhn ke atas ...............................jiwa


15. Jumlah penduduk berdasarkan angkatan kerja


Laki-laki ........................................................ jiwa


Perempuan .....................................................jiwa


16. Penduduk Asli


17. Penduduk Pendatang


18. Mata Pencaharian Hidup


a) Mata Pencaharian Pokok

Petani ................................. orang

Petani garap ..................... orang

Buruh tani ........................ orang

Peternak ........................... orang

Pengrajin ...........................orang

Pedagang ............................orang

Bertoko/kios/warung ......orang

Menyewakan alat-alat perhelatan ......orang

Pengusaha transport .........orang

Penangkap ikan darat .......orang

Pembuat tempe ....................orang

Tukang kayu ........................orang

Peternak tawon ................ ...orang

Pembuatan gula kelapa ......tempat

Pembatik ..............................tempat

Penganyam tikar ................tempat

Pembuatan mebel dan sejenis......tempat

Pembuat bata .........................tempat

Peternak ayam ......................tempat

Penggali pasir .......................orang

Industri ...................................orang

Bidan/perawat ....................... orang

Mantri Kesehatan ................. orang

Dukun Bayi ............................ orang

Guru ........................................ orang

Pensiunan .............................. orang

ABRI ........................................orang

Buruh Perusahaan ................orang

Tukang Cukur .......................orang

Tukang Jahit ......................... orang

Tukang tambal ban ...............orang

Reparasi sepeda .....................orang

Pamong desa ..........................orang


b) Mata Pencaharian Sampingan. (Jelaskan apa saja)


c) Penghasilan Perorangan


d) Tingkat teknologi


Sarana Produksi:

Waduk

Bendungan

Saluran sepanjang

Bak bagi air

Dam

Talang air

Pompa air

Listrik

Sarana Perhubungan

Jalan aspal sepanjang ............. Km

Jalan tanah .................................Km

Jembatan besi .............................buah

Jembatan beton ...........................buah

Jembatan kayu .......................... buah

Jembatan bambu ........................buah

Sarana Pemasaran:

KUD

Pasar

Kios

Lumbung Desa

Sarana Lain-lain

Rumah batu ................................buah

Rumah ½ batu ............................buah

Rumah bambu .............................buah

Rumah atap lalang .....................buah

Rumah atap rumbia ....................buah

Rumah ada WC ...........................buah

WC umum ....................................buah

Rumah ada listrik .......................buah

Pemugaran rumah ..................... buah

Masjid............................................ buah

Langgar........................................ buah

Gereja ...........................................buah

Gedung Sekolah TK.................. buah

Gedung Sekolah SD ..................buah

Gedung Sekolah SLTP............. buah

Gedung Sekolah SLTA ..............buah


19. Latar Belakang Sosial Budaya


a) Perkembangan Sejarah Kebudayaan


b) Sistem Kekerabatan


c) Kepercayaan


d) Keakraban


e) Religi


f) Bahasa ditinjau dari segi komunikasi


g) Kesenian dan Olah Raga


h) Pemerintahan (Buatkan bagan organisasinya)


20. Isi Rumah Tangga Tradisional Yang Harus Ada


a) Makanan dan Minuman Pokok


01. Beras Jagung


02. Beras


03. Gaplek


04. Air putih


05. Teh


06. Gula kelapa


07. Gula pasir


08. Gula tebu


b) Pakaian


Untuk Pria, umpamanya:


01. Kopyah


02. Hem


03. Celana panjang


04. Sarung


Untuk Wanita


01. Kebaya


02. Selendang


03. Setagen


04. Kain


05. Kutang


Untuk anak pria


Untuk anak wanita


Perhiasan


Perhiasan tambahan


c) Alat-Alat


o Alat masak memasak


§ Menanak nasi


§ Menjerang air


§ Menggoreng


§ Menggoreng sangrai


§ Membuat sayur


§ Macam-macam sayur


§ Bumbu-bumbu


§ Lauk Pauk


§ Buah-buahan


§ Minuman


§ Kegemaran


§ Perlengkapam dapur


§ Bahan bakar


§ Alat Tidur


§ Alat tempat duduk


§ Alat Kebersihan


§ Alat menyimpan


§ Alat dapur yang lain


d) Alat-alat Produksi


o Pertanian

o Peternakan

o Perikanan

o Pengrajin batik

o Pengrajin batu bata

o Pertukangan kayu


e) Senjata


f) Alat Komunikasi dan Informasi


g) Alat Upacara


h) Prabot Rumah Tangga lain


i) Alat-alat rekreasi


21. Pengembangan Kebutuhan Pokok


a) Jenis-jenis isi rumah tangga yang harus ada yang dikembangkan


b) Motivasi Pengembangan

c) Cara-cara Pengembangan

POSTING POPULER


MENGENAI PENATAAN


KAWASAN WISATA


Silakan Klik Post Berikut:



Get Paid to Travel the World


Tertarik Memiliki eBook MEMBANGUN SITUS E-LEARNING Bisnis Pariwisata ?


Sebuah eBook Rahasia Pembuatan Situs e-Learning Menggunakan Open Source Course Management System "Moodle"

Klik Ini Yang Saya Cari...!



For fun filled days, please click to visit the sites


This is also for you!

Just click 100% FREE, FREE, FREE!


Klik Bimbingan Bisnis Wisata Di Sini




100 Blog Indonesia Terbaik



Free Web Hosting with Website Builder
Free Web Hosting with Website Builder

Para Pembaca Yang Budiman!


Saya berbahagia mendapat kesempatan membagi ilmu dari jauh, tetapi Anda dekat di hati saya, untuk kesejahteraan Anda sekeluarga, beserta orang-orang yang memanfaatkannya, berkat bantuan dari Anda. Berarti, Anda bebas menyebar luaskan cuplikan “Ilmu Pariwisata” ini kepada sebanyak mungkin warga Indonesia.


Klik Praktek Memandu Wisatawan dan Panduan Pramuwisata untuk mencontoh tata cara seorang pramuwisata mengomentari obyek wisata (points of interest).


Sebagai contoh-contoh aktual lainnya, silakan klik Langkawi dan Pangkor.


Apabila koneksi internet Anda lambat, biarkan "YOU TUBE tersebut jalan sampai selesai. Sabar dulu! Suara dan gambarnya akan baik, tanpa terputus-putus, ketika Anda "REPLAY".


Tak lain harapan saya, kiranya Anda bersedia berdoa kepada Allah SWT, semoga Anda dan saya selalu mendapat berkah - Nya dan diampuni semua dosa kita di dunia dan di akhirat. Amin! Maafkan atas segala keterbatasan saya.


Terima kasih.


Drs. Noersal Samad, MA




ns
Creative Commons License
E-Tourist & Event Management Course by Global Travel Business & Education Centre is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported License.
Based on a work at worldwide travel sources.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Our Terms & Conditions.